Zona Integritas - Area

I. Penyusunan Tim Kerja
Unit Kerja telah membentuk tim untuk melakukan pembangunan Zona Integritas pada tahun 2020 Melalui Surat Keputusan Kepala DPM PTSP nomor 188.45/027/419104/2020 tanggal 7 Januari 2020 tentang Tugas dan susunan Anggota Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tahun 2020 dan terakhir diubah dengan SK Kepala DPM PTSP Nomor 188.45/506/419.109/2022 tanggal 19 April 2022. Anggota tim juga telah dipilih melalui prosedur dan mekanisme yang jelas dan mewakili seluruh unsur dalam unit kerja.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
II. Rencana Pembangunan Zona Integritas
Unit kerja telah memiliki rencana kerja pembangunan Zona Integritas dan semua dokumen terdapat semua target-target prioritas relevan dengan tujuan pembangunan WBK WBBM. Unit kerja telah menginformasikan pembangunan ZI kepada internal dan stakeholder secara berkala melalui media/aktivitas interaktif yang efektif.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
III. Pemantauan dan Evaluasi Pembangunan WBK/WBBM
Unit kerja melaksanakan semua kegiatan pembangunan sesuai dengan daftar evidence dokumen laporan pelaksanaan rencana aksi. Monitoring dan evaluasi melibatkan pimpinan serta dilakukan secara berkala (triwulan). Semua catatan dan rekomendasi hasil monitoring dan evaluasi tim internal atas persiapan dan pelaksanaan kegiatan unit WBK/WBBM telah ditindaklanjuti dengan bukti evidence laporan tindak lanjut monitoring dan evaluasi.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
IV. Perubahan pola pikir dan budaya kerja
Pimpinan menjadi contoh pelaksanaan nilai-nilai organisasi better service for better future. Agen perubahan telah ditetapkan dan berkontribusi terhadap perubahan pada unit kerja melalui Surat Keputusan Kepala DPMTSP. Telah dilakukan upaya pembangunan budaya kerja dan pola pikir tapi masih terdapat resistensi. Semua anggota unit kerja terlibat dalam pembangunan Zona Integritas menuju WBK WBBM.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi

Zona Integritas - Area

 

 

I. Prosedur Operasional Tetap (SOP) Kegiatan Utama
Semua SOP unit telah mengacu pada proses bisnis dan juga melakukan inovasi yang selaras. Unit kerja telah menerapkan seluruh SOP yang ditetapkan organisasi dan juga melakukan inovasi pada SOP yang ditetapkan. Seluruh SOP utama telah dievaluasi dan telah ditindak lanjuti berupa perbaiakn SOP atau usulan perbaikan SOP.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
II. Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)
Unit memiliki sistem pengukuran kinerja (e-performance / e-sakip) yang menggunakan teknologi informasi dan juga melakukan inovasi. Unit kerja memberikan pelayanan kepada publik dengan menggunakan teknologi informasi terpusat / sendiri dan terdapat inovasi. Laporan monitoring dan evaluasi terhadap pemanfaatan teknologi informasi dalam pengukuran kinerja unit, operationalisasi SDM dan pemberian layanan kepada publik sudah dilakukan secara berkala.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
III. Keterbukaan Informasi Publik
Telah terdapat SK Kepala DPMPTSP NO. 1500 /Tahun 2021 yang menunjuk PPID yang ditunjuk untuk menyebarkan seluruh informasi yang dapat diakses secara mutakhir dan lengkap. Dan telah terdapat Website (www.dpmptsp.kedirikota.go.id), FB, IG, Twitter dan Youtube. selain hal tersebut dengan Aplikasi KSWI pemohon dapat mengetahui sejauh mana permohonannya diproses. Telah dilaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan informasi publik setiap semester dan hasil monev juga telah ditindaklanjuti. Tindak lanjut dari monev berupa penambahan Bandwidth, pergantian hardware dll.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi

Zona Integritas - Area

 

 

I. Perencanaan Kebutuhan Pegawai sesuai dengan Kebutuhan Organisasi
Kebutuhan pegawai yang disusun telah mengacu pada peta jabatan dan hasil ABK masing-masing jabatan serta semua penempatan pegawai hasil rekrutmen murni mengacu pada kebutuhan pegawai yang telah disusun per jabatan. Sudah dilakukan monev terhadap penempatan pegawai untuk memenuhi kebutuhan jabatan dalam organisasi dan telah memberikan perbaikan terhadap kinerja unit kerja.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
II. Pola Mutasi Internal
Dilakukan mutasi pegawai antar jabatan sebagai wujud pengembangan karir pegawai dan semua mutasi pegawai telah memperhatikan kompetensi jabatan serta mengikuti pola mutasi yang telah ditetapkan. Telah dilakukan monev terhadap kegiatan mutasi yang telah dilakukan dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
III. Pengembangan Pegawai Berbasis Kompetensi
Telah dibuat analisis kebutuhan diklat untuk pengembangan kompetensi. Sebagian besar rencana pengembangan kompetensi pegawai mempertimbangkan hasil pengelolaan kinerja pegawai. Presentase kesenjangan kompetensi pegawai dengan tandart kompetensi <25%. Seluruh pegawai telah memperoleh kesempatan / hak untuk mengikuti diklat maupun pengembangan kompetensi lainnya. Unit kerja telah melakukan upaya pengembangan kompetensi kepada seluruh pegawai. Monev terhadap hasil pengembangan kompetensi dalam kaitannya dengan perbaikan kinerja telah dilakukan secara berkala.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
IV. Penetapan Kinerja Individu
Seluruh penetapan kinerja indivisu terkait dengan kinerja organisasi serta selaras dengan SKP. Sebagian besar ukuran kinerja individu telah memiliki kesesuaian dengan IKI di atasnya dan pengukuran kinerja individu telah dilakukan secara bulanan. Hasil penilaian kinerja individu telah dijadikan dasar pemberian reward. 
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
V. Penegakan Aturan Disiplin/Kode Etik/Kode Perilaku Pegawai
OPD telah mengimplementasikan seluruh aturan disiplin / kode etik / kode perilaku yang ditetapkan dan membuat inovasi aturan disiplin/kode etik/kode perilaku yang sesuai karakteristik unit kerja. Data kepegawaian unit kerja dapat diakses pegawai dan dimutakhirkan setiap ada perubahan data pegawai.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
VI. Sistem Informasi Kepegawaian
Data kepegawaian unit kerja dapat diakses pegawai dan dimutakhirkan setiap ada perubahan pegawai.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi

Zona Integritas - Area

 

 

I. Keterlibatan Pimpinan
Pimpinan selalu terlibat dalam seluruh tahapan penyusunan perencanaan dan pimpinan selalu terlibat dalam seluruh tahapan penyusunan perjanjian kinerja. Pimpinan selalu terlibat dalam seluruh pemantauan pencapaian kinerja dan menindaklanjuti hasil pemantauan.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
II. Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja
Unit kerja telah memiliki dengan lengkap dokumen perencanaan kinerja dan perencanaan kinerja telah berorientasi hasil. Unit kerja di DPMPTSP Kota Kediri telah memiliki IKU dan seluruh indikator telah SMART serta penyusunan laporan yang dituangkan dalam LKJIP selalu tepat waktu. Terdapat upaya peningkatan kapasitas SDM yang menangani akuntabilitas kinerja, ini didukung oleh pengelolaan seluruh SDM akuntabilitas kinerja yang kompeten.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi

Zona Integritas - Area

 

 

I. Pengendalian Gratifikasi
Telah dilaksanakan sosialisasi terkait pemantapan SPIP dan UPG serta penolakan gratifikasi dengan cetak. Penyusunan surat keputusan Kepala Dinas tentang pengendalian gratifikasi dilingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu Kota Kediri.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
II. Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP)
Penyusunan SK SPIP dan inovasi pemasangan CCTV dan control room panel CCTV. DPMTSP Kota Kediri telah menyusun penilaian resiko dan salah satu contoh kegiatannya adalah penyusunan SOP. Telah dilakukan penginformasian mitigasi resiko kepada seluruh pihak terkait.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
III. Pengaduan Masyarakat
Telah menyusun SOP, surat tugas petugas pengaduan serta pembuatan aplikasi "Kediri Single Windows fo Invesment (KSWI) (www.kswi.kedirikota.go.id)" sebagai inovasi terkait pengaduan masyarakat. Pengaduan masyarakat telah ditindaklanjuti (rekap pengaduan masyarakat) dan telah dilakukan monitoring secara berkala serta hasil monev telah ditindaklanjuti.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
IV. Whistle-Blowing System
Penyusunan SK Kepada DPMTSP tentang pelaksanaan whistle blowing system di lingkungan DPMPTSP serta pemberian reward sebagai inovasi dan kegiatan tersebut telah dimonitoring per semester dan telah ditindaklanjuti per semester.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
V. Penanganan Benturan Kepentingan
Telah dilakukan identifikasi terkait benturan kepentingan dan telah dilakukan sosialisasi terkait penanganan benturan kepentingan. Kepentingan dilakukan Implementasi terkait penanganan benturan kepentingan dengan dilaksanakannya penandatanganan dokumen Pakta Integritas dan Penyusunan SOP Pelayanan. Telah dilakukan evaluasi atas benturan kepentingan yang dilaksanakan setiap semester dan telah ditindak lanjuti.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi

Zona Integritas - Area

 

 

 

I. Standar Pelayanan
Terdapat penetapan standar pelayanan terhadap seluruh jenis pelayanan dan sesuai atas komponen standar pelayanan publik yang berlaku. Standar pelayanan telah dimaklumatkan pada seluruh jenis pelayanan dan dipublikasikan di website dan media lainnya. Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan dan dilakukan dengan melibatkan stakeholders (antara lain: tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha) serta memanfaatkan masukan hasil SKM dan pengaduan masyarakat. Telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan dengan media cetak maupun elektronik.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
II. Budaya Pelayanan Prima
Telah dilakukan pelatihan / sosialisasi pelayanan prima secara berkelanjutan dan terjadwal, sehingga seluruh petugas / pelaksana layanan memiliki kompetensi sesuai kebutuhan jenis layanan serta dan terdapat monev yang melihat kemampuan / kecakapan petugas / pelaksanaan layanan. Seluruh informasi tentang pelayanan dapat diakses secara online (website / media sosial) dan terhubung dengan sistem informasi pelayanan publik nasional. Telah terdapat kebijakan pemberian penghargaan dan sanksi yang minimal memenuhi unsur penilaian (disiplin, kinerja dan hasil penilaian pengguna layanan) dan telah diterapkan secara rutin / berkelanjutan. Telah terdapat sistem pemberian kompensasi bila layanan tidak sesuai standar bagi penerima layanan di seluruh jenis layanan. Seluruh pelayanan sudah dilakukan secara terpadu / terintegrasi. Unit kerja telah memiliki inovasi pelayanan yang berbeda dengan unit kerja lain dan mendekatkan pelayanan dengan masyarakat.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
III. Pengelolaan Pengaduan
Terdapat media konsultasi dan pengaduan secara offline dan online, tersedia petugas khusus yang menangani namun belum terintegrasi dengan SP4N-LAPOR. Terdapat unit pengelola khusus untuk konsultasi dan pengaduan, serta surat penugasan pengelola SP4N-LAPOR di level unit kerja. Evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi dilakukan telah dilakukan secara berkala.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
IV. Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan
Survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan telah dilakukan minimal 4 kali dalam setahun dan hasil dari survei dapat diakses secara online serta offline. Hasil survei sudah dilakukan tindak lanjut atas seluruh hasil survei kepuasan masyarakat.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
V. Pemanfaatan Teknologi Informasi
Terdapat pelayanan yang menggunakan teknologi informasi pada seluruh pemberian layanan. Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi. Telah dilakukan perbaikan secara terus-menerus terhadap pemanfaatan sistem teknologi informasi.
Data Pendukung
No. Area File Ekstensi Aksi
HUBUNGI KAMI
Alamat
Jl. Basuki Rahmat No.15, Pocanan Kota, Kediri, Jawa Timur 64123
Telepon
(0354) 682345
Email
info@dpm.kedirikota.go.id
Google Maps
Copyright 2022 - DPMPTSP KOTA KEDIRI